ISO 9001:2015
ISO (International Organization for Standardization) merupakan organisasi internasional untuk standardisasi yang berkantor pusat di Jenewa, merupakan lembaga swadaya masyarakat (LSM atau NGO = Non-Governmental Organization) penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standar nasional setiap Negara yang bekerja sama telah menghasilkan lebih dari 17.000 standar internasional untuk bisnis, pemerintahan dan masyarakat umum. Visi dari ISO adalah membuat kehidupan masyarakat lebih mudah, lebih aman dan lebih baik. Sedangkan misi ISO yaitu melalui jaringan anggota kami, kami mengembangkan standar internasional untuk mendukung perdagangan global, mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan adil, memajukan inovasi, melindungi kesehatan dan keselamatan, dan menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Satuan Penjaminan Mutu Politeknik Penerbangan Palembang mengimplementasikan ISO 9001 Tahun 2015. ISO 9001: 2015 adalah standard dokumen (standard persyaratan) yang mencantumkan persyaratan yang harus dijalankan oleh organisasi dan harus dijaga implementasinya. Ada beberapa dokumen standard yang berbeda dalam family ISO 9000 , tapi hanya ISO 9001-2015 yang bisa disertifikasi. ISO 9001: 2015 adalah standar terbaru dari Sistem Manajemen Mutu ini, dan “2015” adalah tahun revisi terbaru dari sistem Manajemen Mutu itu. Salah satu ciri penerapan ISO 9001 adalah diterapkannya pendekatan proses. Pendekatan proses ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas sistem manajemen mutu. Pendekatan ini mensyaratkan organisasi untuk melakukan identifikasi, penerapan, pengelolaan dan melakukan peningkatan berkesinambungan (continuous improvement). Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 adalah sistem manajemen atau pengelolaan mutu, yang harus mengacu kepada standar internasional ISO 9001 yang dikeluarkan oleh badan standarisasi internasional. ISO 9001 mengatur sistem dokumentasi organisasi terkait manajemen mutunya. Penerapan sistem manajemen mutu merupakan suatu keputusan strategis bagi suatu organisasi yang dapat membantu organisasi untuk meningkatkan kinerjanya secara keseluruhan dan menyediakan dasar yang kuat untuk inisiatif pembangunan berkelanjutan. Manfaat potensial suatu organisasi yang mengimplementasikan sistem manajemen kualitas berdasarkan standar internasional adalah kemampuan untuk menyediakan produk dan jasa secara konsisten yang memenuhi kebutuhan pelanggan dan persyaratan hukum serta peraturan yang berlaku, memfasilitasi peluang untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, menangani risiko dan peluang yang terkait dengan konteks dan tujuannya, kemampuan untuk menunjukkan kesesuaian terhadap persyaratan sistem manajemen mutu yang ditentukan. Dokumen dalam sistem manajemen mutu ISO 9001 biasanya berisi kebijakan mutu (quality policy), sasaran mutu (quality objectives), dan pedoman mutu (quality manual). Sedangkan sistem manajemen mutu itu sendiri mencakup antara lain: customer contracts, rekrutmen dan pelatihan karyawan, desain dan pengembangan produk dan jasa, produksi dan pengiriman produk, pemilihan pemasok (suppliers), tanggung-jawab Manajemen, internal audit mutu, pengukuran dan pemantauan, perbaikan berkesinambungan, dan tindakan perbaikan dan pencegahan. Sedangkan mutu mencakup kualitas produk (Q), biaya atau cost (C), pengiriman atau delivery (D), keamanan / keselamatan atau safety (S) dan morale (M) atau biasa disingkat dengan QCDSM. Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 menggunakan pendekatan proses (process approach), pendekatan sistem (system approach) dan juga menggunakan pola Plan-Do-Check-Action (PDCA) atau continuous improvement.